Thursday, May 30, 2013

Kenapa saya membuat resignpns.blogspot.com ?


  1. Karena salah satu rencana saya di masa depan (Jika Sampai) adalah untuk Resign dari PNS, untuk itu saya membuat semacam wadah khusus untuk menulis tentang Resign PNS
  2. blogspot itu gratis, tinggal buat aja :) 
  3. untuk meng-copy arsip-arsip tulisan saya tentang Resign di blog.rivaekaputra.com, berfungsi sebagai backup juga
  4. Ingin membuat semacam pendahuluan - isi - penutup dalam hal resign PNS, penutup yang dimaksud disini adalah berhasil memberanikan diri untuk resign dari PNS (catatan saya pribadi)
  5. memuat draft tulisan saya untuk Surat permohonan Resign.....jadi ketika saya mengambil keputusan bulat untuk resign, saya tinggal copy aja tulisan di Blog ke Word, lalu di print...di tanda tangan....lalu diserahkan ke yg berwenang
  6. mencari teman-teman PNS lain yang ingin resign....lalu menulis datanya disini
  7. membuat daftar orang-orang yang sudah berhasil resign dari PNS

190 comments:

  1. Saya disuruh resign dari PNS sama suami, profesi saya dokter gigi. Sudah 7 thn menikah LDMR , anak sudah 2, mengajukan pindah ke kota tempat suami sampai skrg tak diizinkan oleh bupati krn tdk ada dokter pengganti, kuat sekali sudah keinginan saya utk resign dari PNS, saya mohon bantuannya apa saha yg perlu saya lakukan, surat2 apa yg harus saya lengkapi, kl blh saya minta contoh2 suratnya agar dikirim ke email saya liamiluza@gmail.com, sblm dan sesudahnya saya haturkan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut Teman Saya yg sudah Resign , tidak ada format standard dalam Surat Permohonan Resign, bikin surat biasa aja dngn menyebutkan alasan resign + sejak kapan mulai tidak aktifnya…*Saya Sendiri belum praktek Resign jadi belum tau tepatnya apa saja yang harus dilengkapi.

      http://blog.rivaekaputra.com/2011/10/11/tipe-tipe-resign-pns/

      Delete
    2. utk 5 tahub masa kerja apa dapet tunjangan taspen?

      Delete
  2. Keren sampai ada blog nya. semoga saya segera berpindah dari sedang mengumpulkan restu menjadi direstui. Kalau saya pribadi sudah sangat2 ingin resign tapi lagi mengumpulkan banyak jurus untuk mendapat restu ortu agar ikhlas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,aq blm dapat restu dari ortu.udah pengen bgt resign 😭😭

      Delete
    2. aku juga pengeb banget resign

      Delete
  3. wha..... mendapat teman2 seperjuangan

    ReplyDelete
  4. Sama aq juga, terus terang ada sisi positif yang kudapatkan sebagai pengusaha, saat ini aq membuka usaha pembuatan jasa web dengan biaya 2 juta - 500 ribu. Sisi positifnya aq bisa membantu orang lain mendapatkan lapangan kerja. Selain itu aq mendapatkan banyak filosofi pantang menyerah disini.
    Jujur aq cpns kubu raya 2012 yang sampau saat ini belum dpat sk dan terus terang ingin rasanya aq mengundurkan diri sebelum terlambat.
    Aq ingin berkeliling dunia sebelum ajal menjempoutku.
    Selain itu aku tak mau mengalami hidup yang stagnan, PNS itu stagnan dan hampir 100 persen rekanku yang pns menjawab demi pensiun, tunjangan ini dan itu sehingga sepertinya mereka terkesan egois.
    Dan yang membuatku ingin keluar adalah aku ingin menciptakan lapangan krja
    aq piunya teman mas, dy sebelum jadi pns paling nomor satu soal iptek, tapi setelah beberapa lama jadi pns dy malah jadi gaptek. Bayangkan jika itu terjadi padaku. Selain itu aq punya skill lain yaitu bahasa Inggris,
    bagiku Indonesia ini membutuhkan banyak pengusaha daripada civil servant.

    ReplyDelete
  5. hebat sekali orang yang resign dari PNS, padahal kita tahu sendiri peminatnya banyak, semoga orang orang ini bisa menjadi inspirasi dan contoh

    ReplyDelete
  6. Jika org mengatakan
    "sayang bgt resign..udah dpt pkrjaan bgs koq malah resign?"
    >>sayang sih iya,tp bagi saya mendampingi anak n mengamati tumbuh kembangnya lbh sayang dilewatkan...jika mrk beranjak dewasa,kita tdk bs lg memutar mundur usia mereka jd anak2 lg...

    "Jadi pns g usah repot2 kerja tp gaji jalan trs n pasti naik pangkat.terkadang tidak jarang gak ada kerjaan sama sekali di kantor,nyantai euy..."
    >>enak sih...digaji pake APBN yg berasal dr uang rakyt tp minim pelayanan...dpt julukan "Pekerja Nyantai Sekali" hadeeeeuh...padahal dtg kantor,pgnnya kerja,malah gak ada kerjaan...inilah bentuk pembunuhan potensi paling berbahaya n mematikan kreatifitas..saking banyak nyntainya..

    "Jd PNS aman...gaji jalan terus...masa tua terjamin..."
    >>justru tdk jarang org yg kluar dr pns nasibnya jd lbh baik..penghasilan lbh byk,wktu luang byk,bisa nyambi ini itu,yg tdnya plg kerja capek jd jarang silaturahmi skrg bs rutin silaturahmi...insyaAllah silaturahni jg bs membuka pintu rizki lho...
    Yg jelas rizki itu Allah yg jamin...gak ada istilah aman amin...mw di pns atw di mana aja.lagian pintu rizki bkn cm di pns bro n sist..

    Dengan keyakinan yg telah saya bangun beberapa thn blkgn ini...dengan mengucapkan "Bismillahirrahmanirrahim" per tanggal 1 januari 2014 saya resmi RESIGN..

    Apa yg saya rasakan?
    Secara lahir...migren sy ilang..krn tiap mlm mikirnya,aduhh...bsk dah kerja lg n hrs ninggalin anak2..dtg kkntr buru sampai dsana kerjaan jg g byk2 amat bhkn g jrg g ad krjaan..pikirannya mw ngabur aja dr kantor..ky tahanan aj rasanya hahahaa... :D
    Secara batin...hati lbh tenang..adem..dah agak jarang ngomel2...xixixiii...dan yg jelas dl ide tuk menciptakan peluang usaha mulai berseliweran di kepala..tinggal realisasinya aja...

    Akhirnya,Saya yakin sekali pilihan ini bkn semata2 krn pertimbangan yg prematur.setelah 3 tahun memikirkannya...saya percaya Allah memberikan memberikan keberanian kpd saya utk memilih sesuatu yg patut utk dipilih...
    Kalau msh betah jd pns...pertahankan aja..mgk qt ccokny emg dsitu..kalo dah gerah..jangan ragu2,ambillah langkah terbaik...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar Biasa....Mba Soraya Hebat

      Semoga saya bisa cepat menyusul

      Delete
    2. Assalamualaikum mbak soraya, boleh saya minta email mbak, saya ingin bertanya Perihal resign dri pns, apakah ada ganti rugi yg harus saya bayar? Bila bkenan mohon email ke tmaisyarah@gmail.com
      Terima kasih

      Delete
    3. Mbak soraya kok bs manteb gitu....
      Gimana menghadapi ketkutan dan rasa khawatir takut menyesal nantinya?

      Delete
    4. Saya sedang mengajukan resaign dri pns, tp saya mw tanya emang suratnya qt sendiri yg hrus sampaikan y? Sementara d tmpt saya tugas ada TU staf kepegawaian.
      Yg mengerti mohon pencerahannya.
      Oh iya saya guru

      Delete
    5. Saya sedang mengajukan resaign dri pns, tp saya mw tanya emang suratnya qt sendiri yg hrus sampaikan y? Sementara d tmpt saya tugas ada TU staf kepegawaian.
      Yg mengerti mohon pencerahannya.
      Oh iya saya guru

      Delete
    6. Setuju mba.kata sodara pindah aja ke tempat yg santai,yg penting msh PNS.aq ngerasa ky gt kok ga fair ya.mau dapat gaji n tunjangan yg sama dgn TS yg lain,tp tempat kerja yg santai.pertanggung jawaban sama yg di Atas itu lo yg ga bs sembarangan,menghalalkan gaji yg sdh diterima

      Delete
    7. Maaf saya saat ini jga sdg berada di titik jenuh dan ingin segera mngundurkan diri

      Delete
    8. Masih banyak hutang 😩😩😩

      Delete
  7. Terharu nih, lg cari2 format surat resign pns malahan nemu blog ini, aku jg ibu 2 anak yg dilema kerja atau mengamati tumbuh kembang anak, dan aku memutuskan untuk option ke 2, bersama anak lebih membahagiakan, kerja jd pns sangat tdk membahagiakan Hihihihi

    ReplyDelete
  8. Emang seneng bgt nemu blog ini, jadi berasa banyak temennya. Udah pengen bgt keluar pns dan memilih menjalani hidup bersama suami skalipun di luar jawa yg fasilitasnya tak selengkap di jawa. Tp ternyata, di tempat terpencil seperti apapun kalau bahagia lebih berharga. Mudah2an permohonan resign ku segera dikabulkan. Semangat! :)

    ReplyDelete
  9. Surprise nemu blog begini. Hahaha.. Kayanya bagus buat sharing bagi pns yg lg galau antara mau resign atau tetep jd pns. Saya sendiri termasuk golongan yg lg galau. Saya dg suami awalnya sudah sepakat ambil keputusan agar saya resign biar bs berkumpul dg suami. Proses mutasi pns birokrasinya ampun2an.. Harus punya koneksi, siap dg uang dan kuat mental menghadapi oknum yg terkadang sengaja menghambat. Lelah dengan birokrasi yg tidak berujung membuat saya ingin berhenti saja. Namun hambatan datang dari kedua orang tua kami yg tdk setuju dg keputusan tsb. Saat ini sedang mencari opsi lain agar tdk ada yg merasa dikecewakan dg keputusan yg kami ambil. Mohon saran dan doanya.. ^_^

    ReplyDelete
  10. halo, saya senang sekali menemukan blog ini karena saat ini saya sedang sangat bimbang, antara mau resign atau tidak, karena orang tua kurang setuju klo resign, sementara suami dukung saya resign karena kami ingin anak kami full dapat pengawasan ibunya selama golden period, saat ini usianya sudah 19 bulan..waktu awal masuk setelah cuti bersalin sudah pernah mengajukan pengunduran diri tetapi ditolak, dan semua kawan2 menyayangkan, sampai saat ini saya masih bimbang sekali..mau tunggu cuti di luar tanggungan negara itupun sepertinya tidak mudah karena masa kerja masih 4 tahun, sementara itu harus 5 tahun dan itupun dengan berbagai syarat dan prosedur, saya kadang juga ragu karena klo dari segi penghasilan juga suami masih pas2 an, ditambah kadang saya ragu saya takut kalau menyesal..makanya salut bgt sama mbak soraya yang bisa ambil keputusan dan percaya bahwa Allah sudah menjamin rejeki kita masing2, butuh saran teman2 disini, terima kasih yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti yg saya alami bun....gimana kelanjutannya bun..

      Delete
  11. Puji Tuhan, sejak januari 2014 saya sudah resign dan diberhentikan dengan hormat. Tapi saya bisa bekerja dengan tenang tanpa harus jadi orang yang tertindas dibawah pimpinan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Harman
      Apakah diberhentikan dgn hormat masih mendapatkan tabungan pensiun ?
      Bukan pensiun bulanan ya
      Thanks
      Lina

      Delete
    2. Mas Harman, saya tanya dong, berapa lama prosesnya dari sejak mengajukan pengunduran diri sampai kita dinyatakan "diberhentikan dengan hormat" itu? dapat SK pemberhentian kah?

      Delete
  12. Salam kenal teman2, ada satu pertanyaan saya, apakah Saat resign kita ada diwajibkan utk membayar ganti rugi? Saya benar2 butuh bantuan teman2, Dan semoga saya memutuskan keputusan yang tepat.
    Bila berkenan, mohon info ke email saya tmaisyarah@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Waah, blog yg membantu.
    Teman2 mas Harman, mas Tengku dll diatas minta tolong saya dikirim format resign ya ke email (sonoinbox@yahoo.com)
    InsyaAlloh sy jg mau resign,

    ReplyDelete
  14. Sangat membantu saya juga. .seperti yang disampaikan mas Tengku dikenakan denda ga ya klo kita resign secara masa kerja saya yang baru 4 tahun. Tolong share ya bagi yang sudah resign

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah..setelah memohon petunjuk Yang Maha Kuasa, pada akhir desember 2014 saya resign dari PNS, dan SK pemberhentian keluar per akhir Maret 2015..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
      Saya ada niat mau Resign dari PNS. Bagaimana Langkah-langkah resign dari PNS?

      Delete
    2. Wa alaikum salam Wr Wb.

      Maaf, baru balas.

      Langkahnya mengajukan surat pengunduran diri dan lampiran surat pernyataan, keduanya dibuat di atas materai ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian tertinggi di instansi anda. Karena saya pegawai pemda maka diajukan kepada Bupati Cq. Kepala BKD, ditembuskan kepada Inspektur dan Kepada Dinas. kalau tidak salah juga melampirkan fotokopi SK CPNS. Jangan lupa ketika menyerahkan berkas tsb ke bag.kepegawaian minta tanda terima penyerahan (atau format tanda terimanya bisa kita buat sendiri).

      Sekedar tips:
      Setelah menyerahkan berkas, fotokopi berkas tersebut dan serahkan ke Kepala Dinas tempat anda bekerja, sekaligus pamitan. Jangan lupa juga pamitan kepada rekan – rekan kantor. Pastikan ketika resign kita tidak punya tanggungan apa-apa lagi, baik utang bank (kalo ada), atau kerjaan yang belum selesai (SPJ atau laporan). Kebetulan saya resign pas tahun anggaran selesai. Setelah itu saya pergi ke luar kota (jadi tidak bisa dicari oleh orang kantor. Hehe.., saya hanya ingin membuktikan bahwa saya benar-benar ingin resign. Karena aturannya, sebelum SK keluar kita tetap wajib masuk kerja). Mungkin kalau kita tetap masuk kantor bisa dianggap tidak serius, sehingga prosesnya bisa lebih lama. Setelah 3 bulan Alhamdulillah SK pemberhentian keluar. Yang terpenting jangan lupa selalu berdoa agar kita diberikan jalan yang terbaik dan selalu diberkahi.

      Mudah- mudahan bisa membantu.

      Delete
    3. Mas boleh minta softopy surat resign nya..kalo boleh saya minta di emailkan ke dwilist@yahoo.com.sg...Terimkasih sebelumnya

      Delete
    4. Barusan saya kirim mas,tolong dicek... semoga bermanfaat

      Delete
    5. mas saya juga minta contoh suratnya ya ... email saya 4ts.tasyauri@gmail.com

      Delete
    6. mas susanto boleh dikirim softcopy surat resign nya kirim ke eky.adhiputra@gmail.com

      Delete
    7. Mas Susanto bolehkan saha sharing di email? Email saya riskiprabaswara@gmail.com
      Saya juga akan mengajukan resign bulan ini. Mohon sharingnya.

      Delete
    8. Mas Susanto bolehkan saha sharing di email? Email saya riskiprabaswara@gmail.com
      Saya juga akan mengajukan resign bulan ini. Mohon sharingnya.

      Delete
    9. Mas boleh saya minta surat resignnya?makasih sebelumnya
      triharyanti.uny@gmail.com

      Delete
    10. mas, saya juga ya minta contoh suratnya ke nuril331@gmail.com

      Delete
    11. mas boleh tanya, mas tidak masuk selama 3 bulan apakah tidak mengubah sk menjadi pemberhentian tidak terhormat ?

      boleh minta soft copy nya jg mas irnova.suryani@gmail.com

      Delete
    12. Saya boleh minta softcopy surat pengunduran dirinya?? Tlng dikirim ke ayasha243@gmail.com

      Delete
    13. Mas boleh minta soft copy permohonan resign nya? Ke email soenirdjasuci@gmail.com. Sebelumnya makasih mas..saya sdg berjuang utk resign. Sudah bulat utk resign

      Delete
    14. Mas boleh minta soft copy permohonan resign nya? Ke email soenirdjasuci@gmail.com. Sebelumnya makasih mas..saya sdg berjuang utk resign. Sudah bulat utk resign

      Delete
    15. Mau jg dong pa herman.
      Saya buat tdk ada materainya. Berarti salah y...
      Ini email saya: anitajeylu@gmail.com

      Delete
    16. Pak..boleh minta sofcopy berkas2 tolong kirim ke email meritadiana@gmail.com

      Delete
    17. Pak..boleh minta sofcopy berkas2 tolong kirim ke email meritadiana@gmail.com

      Delete
    18. Pak..boleh minta sofcopy berkas2 tolong kirim ke email meritadiana@gmail.com

      Delete
    19. Pak boleh minta sofcopy berkas pengunduran diri nya mohon email ke undaarkan@gmail.com. terimakasih

      Delete
    20. Pak boleh minta sofcopy berkas pengunduran diri nya mohon email ke undaarkan@gmail.com. terimakasih

      Delete
    21. Pak boleh minta softcopy berkas pengunduran diri dan surat pernyataannya, mhn di email ke verrapalevita@gmail.com

      Delete
    22. Aq juga mau mas.emailku diazy20@gmail.com.terima kasih mas

      Delete
    23. Pak, boleh mnt softcopy pengunduran diri nya, ini email sy, herawati_sman2@yahoo.com

      Delete
    24. boleh minta soft copy berkas pengunduran diri dan surat pernyataannya, mhn kirim ke email nikaalfiana99@gmail.com

      Delete
    25. Pak.. boleh minta soft copy berkas pengunduran diri dan surat pernyataannya, mhn kirim ke email donni_achmad@yahoo.com

      Delete
    26. Pak, boleh minta softcopy surat pengunduran diri dan surat pernyataannya. Email saya galih.puspita08@gmail.com Terimakasih sebelumnya

      Delete
  16. maaf saya mau tanya.. saya masih cpns sbg dokter umum di puskesmas.. TMT 1 mei 2015.. saya sudah ndak betah lagi jadi cpns.. pengen resign.. tapi saya terhalang surat pernyataan bermaterai harus bekerja minim selama 5th.. saya minta tolong sarannya untuk bisa resign.. apakah harus bayar sejumlah uang?? ataukah harus bolos kerja selama berbulan bulan.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. kalau itu saya belum tau. coba dibaca lagi dalam surat pernyataannya, apa konsekwensinya jika resign sebelum 5 tahun. coba dipertimbangkan, kalau resikonya terlalu berat tidak ada salahnya mencoba bersabar selama 5 tahun sambil mencari peluang lain yang lebih baik. Atau bisa juga bisnis sampingan, siapa tahu setelah 5 tahun bisnisnya sudah maju, jadi ketika resign jadi tambah mantap...

      Delete
    2. Slmt siang pak.. tolong kirimkan sosft copy format pengunduran diri dll yg harus di siapkan saat resign. Ke email saya meximulik@gmail.com
      Trm kasih ya pak

      Delete
    3. Pak Susanto, saya jg mau ya dikirimkan format pengunduran diri. Minta tolong dikirimkan ke email saya : diajenghanah@gmail.com

      Oh ya, saat pak Susanto resign des sampai ke maret, masalah gaji gmn ya pak? Kan otomatis ke rekening. Halal kita pakai ato kita kembalikan?

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. saya mau risign PNS... katanya ada pembayaran uang ganti rugi ? benar apa tidak... dan sudah pernah risign dari PNS, brapa lama akan di setujui surat pengunduran diri kita... terima kasih

    ReplyDelete
  19. Nama saya hartini saya pns bertugas sbg perawat dpustu.. sya mau resigen dri pns. Sk cpns keluar bln april 2014 dan sk pns udh keluar bln juni 2015. Kira2 udh bisa gk yah ngundurin drix trus apa ganti rugi.. mohon info yah. Dan bagi yg pux format pgunduran drix tolg kirim ke email saya ; har_thynie@yahoo.com
    Thx yah sblmx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya ganti rugi itu hanya untuk yang ada perjanjian kontrak atau yang sejenisnya. karena saya dulu sebagai pegawai struktural pemda tidak ada perjanjian yang seperti itu. coba dibuka lagi berkas ketika pemberkasan untuk SK CPNS (80%) dulu. apakah ada perjanjian seperti itu.kalau tidak ada ya seharusnya tidak perlu ganti rugi jika resign. itu setahu saya ya, mungkin peraturannya sudah berubah saya tidak tahu

      Delete
  20. Sy arman pns dg ms krj hmpir 10 thn & pangkt sdh gol lllc, jujur sy terlmbt ngambil keputusan kluar dr pns yg ktnya bs bikin sejahtera, tp stlh d jlni tdk bnyk yg bisa d hrpkan untk ke arah sejhtra? Skrang sy dlm kondisi galau kt ank muda skrng untuk kluar dr pns, n kynya tdk ada kt terlmbt untuk wirausaha walaupun merintis dr nol! Bnyk alsn yg mnjdi dorongan kuat untk berhnti jd pns smoga d 2016 ini sy bs jd wirausaha sejati'

    ReplyDelete
  21. Sy arman pns dg ms krj hmpir 10 thn & pangkt sdh gol lllc, jujur sy terlmbt ngambil keputusan kluar dr pns yg ktnya bs bikin sejahtera, tp stlh d jlni tdk bnyk yg bisa d hrpkan untk ke arah sejhtra? Skrang sy dlm kondisi galau kt ank muda skrng untuk kluar dr pns, n kynya tdk ada kt terlmbt untuk wirausaha walaupun merintis dr nol! Bnyk alsn yg mnjdi dorongan kuat untk berhnti jd pns smoga d 2016 ini sy bs jd wirausaha sejati'

    ReplyDelete
  22. Saya boleh minta softcopy surat pengunduran dirinya?? Tlng dikirim ke sekarfatma@gmail.com
    Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Saya boleh minta softcopy surat pengunduran dirinya?? Tlng dikirim ke sekarfatma@gmail.com
    Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  24. Mas mbak yg sudah berhasil resign boleh sy minta softcopy surat pengunduran diri dan surat2 lain yg perlu dibuat? Apa klo resign min masa kerja harus 5th ya? Mohon kirim ke email agnesiayu@ymail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  25. Setahu saya tidak ada ketentuan masa kerja harus > 5 thn. Selain surat pengunduran diri saya juga melampirkan surat pernyataan tanpa paksaan, surat pernyataan tidak berkeberatan dari suami/istri (bagi yg sudah menikah) atau dari orangtua bagi yg belum menikah, SK awal (80%), SK terakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pak, boleh minta dikirimkan softcopy surat pengunduran diri dan surat pernyataannya ke nunik.r.apriliyani@gmail.com?
      lagi meneguhkan hati resign pns.. klo sy drg di puskesmas, berarti ditujukan ke bag. kepegawaian dinas kesehatannya ya?
      terima kasih pak..

      Delete
    2. maaf pak, boleh minta dikirimkan softcopy surat pengunduran diri dan surat pernyataannya ke nunik.r.apriliyani@gmail.com?
      lagi meneguhkan hati resign pns.. klo sy drg di puskesmas, berarti ditujukan ke bag. kepegawaian dinas kesehatannya ya?
      terima kasih pak..

      Delete
    3. Mas Susanto Yadi, mohon infonya untuk SK awal (80%), yang dilampirkan aslinya atau fotokopi?
      kalo nggak keberatan bolehkah tolong dikirimkan juga softcopy surat pengunduran diri dan surat pernyataan yang lain2 tsb, ke el.ramadian@gmail.com. terima kasih sebelumnya

      Delete
    4. yang dilampirkan cukup fotocopynya saja

      Delete
    5. Mas susanto, boleh minta contoh softcopy surat2 pengundurn diri? tolong kirim ke email saya astin.dewilila@yahoo.com ya.Terimakasih.

      Delete
  26. Mas/ mbak minta tolong softcopy surat pengunduran dirinya ya....dwiindraningsih7@gmail.com
    Terimakasih banyak ya..semoga mendapat balasan yang terbaik dariNYA.

    ReplyDelete
  27. Mas/ mbak minta tolong softcopy surat pengunduran dirinya ya....dwiindraningsih7@gmail.com
    Terimakasih banyak ya..semoga mendapat balasan yang terbaik dariNYA.

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum.. Mohon bantuannya utk dikirimkan soft copy contoh surat resign dari PNS ke alamt email setiyanipuji@ymail.com

    ReplyDelete
  29. assalamualaikum.. wah ternyata banyak teman satu rasa nih.. sy pns gol IIIc, sudah gak betah jd pns, tolong bantuannya dikirimkan format surat pengunduran diri. ke tinaqu83@gmail.com

    ReplyDelete
  30. assalamualaikum.. wah ternyata banyak teman satu rasa nih.. sy pns gol IIIc, sudah gak betah jd pns, tolong bantuannya dikirimkan format surat pengunduran diri. ke tinaqu83@gmail.com

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah,dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim tepat 1 april 2016 saya menyerahkan surat pengunduran diri saya menjadi pns Kementerian hukum dan ham..semoga keputusan ini mendapat berkah dari Allah SWT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga Allah SWT memberikan ridhaNya dan selalu memberikan jalan yang terbaik...

      Delete
    2. Mas andhika, proses resign-nya dipersulit tidak? Saya ingin resign pns tapi belum nemu alasan yang pas. Saya kuatir kalo alasannya tidak kuat akan dipersulit prosesnya. Thx before

      Delete
    3. Alhamdulillah gak mbak,langsung dittd kakanwil dan suratnya hari itu juga dikirim ke sekjend.

      Delete
    4. Alhamdulillah gak mbak,langsung dittd kakanwil dan suratnya hari itu juga dikirim ke sekjend.

      Delete
    5. Mas andhika tolong dikirimkan softcopy contoh surat pengunduran diri nya ke alamat email saya wardasamiraa@gmail.com.. lalu stlh mnyerahkan surat pengunduran diri langsung tidak bgkt kerja atau mnunggu sk nya keluar dulu?terimakasih atas jawabannya

      Delete
    6. Mas andhika,, dah pns berapa tahun ya?kena penalti gak?

      Delete
    7. Mas andhika,, dah pns berapa tahun ya?kena penalti gak?

      Delete
    8. Mas andika dapat penalti gak?yg diajukan cuma surat saja?kalau kementerian kayak mas andika,diajukannya ke siapa ya?

      Delete
    9. Mas andika... Sya jg dr kementerian hukum dan ham...
      Sya kerja dilapas... Masa kerja sudah 6 thn. Sya benar2 ingin resign..
      Mhon bantuannya mas...
      Kalo boleh sharing dan minta kirim format pengunduran diri nya ke email sya mas.
      Putrikomala19@gmail.com

      Terimakasih

      Delete
    10. Gak ada penalti saudara2 ku sekalian,selama kita tidak menuntut uang pensiun,klo untuk kementerian hukum dan ham berdasarkan aturan kepegawaian tidak melihat masa kerja untuk mengundurkan diri,asal itu tadi kita ga punya kewajiban sm bank,dan bendahara gaji serta tidak menuntut uang pensiun.

      Delete
    11. Klo mengundurkan diri gak punua kewajiban bank dan bendahara gaji ga ada masalah,selama kita ga menuntut uang pensiun

      Delete
  33. Waw mantap ini blog, banyak juga temen2 yg merasa senasib, sya CPNs lagi proses 100% keluar SK PNS. Yg jadi masalah sya tidak suka dengan dunia kerja PNS di lingkungan sya kontrak kerja sampai tua sampai pensiun diperah abis tenaga, hidup kita di takar ga bisa lebih surfive, sya galau, apakah hidup sekali ini akan seperti ini sampai tua?? Pagi2 kita bangun kaki dibungkus, penghasilan pas cukup buat hidup sebulan n bahkan kurang. Sya coba ambil kalkulator n menghitung penghasilan sya sampai pensiun. PNS Golongan 3 kita ambil rata2 7juta perbulan plus tunjangan, 7 juta dikali 1 tahun 168juta dikali masa aktif kerja maksimal 20 tahun, 1.68 M ,itupun kalo kita gak makan selama 20 tahun baru dapat uang 1.68 M, jika angka pensium 1 M , brarti hidup kita dihargai 2.68 M, sampai tua sampai kita tinggal nunggu mati, kita bangun pagi sampai sore, teruuus . indonesia luas, dunia luas, kapan kita bisa ibadah lancar, piknik bebas dll, coba kita itung dengan expresi pengusaha yg mampu meraih keuntungan misalkan 1 juta seharu. Kita hanya butuh waktu 5 tahun saja untuk punya uang 3 M, sisanya kita nikmati hidup ini, sya rencana resign jadi PNS, mau jadi pengusaha saja. Thx teman semua udah ngasih semngat. Kng Sarkim Bandung 0821152925qq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sm mas.. sy jg masih CPNS.. n nunggu SK PNS keluar.. kena denda gak yaa kita klo mengundurkan diri..

      Delete
    2. Waah saya juga baru cpns, kemungkinan lulus 100%. Tapi dari awal sy tdk tertarik ikut cpns, saya ikut karna tuntutan klrga. Saat ini saya kerja di sekolah swasta dqn salah tu org kepercayaan yayasan. Bloq ini bnr bnr membuka mata hati saya, bahwa tdk berarti apa apa tunjangan dan sbgainya klo qt tdk bahagia dgn pekerjaan trsbt.

      Delete
  34. Assalamualaikum..bisa tolong dikirimkan softcopy contoh surat pengunduran diri nya ke alamat email saya wardasamiraa@gmail.com
    Karna saya pengen banget resign dari pns tetapi blm tahu prosedurnya..
    Terimakasih

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. @andhika fitra parbella.. saya minta tlg dikirimkan soft copy surat pengunduran dirinya..lalu apa saja yg di lampirkan
    Prosesnya bagaimana? Langsung menyerahkan ke bag. Kepegawaian di instansi atau bagaimana? Berhenti kerja nya menunggu sk turun atau tidak??
    Terimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  37. @andhika fitra parbella.. saya minta tlg dikirimkan soft copy surat pengunduran dirinya..lalu apa saja yg di lampirkan
    Prosesnya bagaimana? Langsung menyerahkan ke bag. Kepegawaian di instansi atau bagaimana? Berhenti kerja nya menunggu sk turun atau tidak??
    Terimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  38. Salam Rekan seperjuangan
    Saya mau tanya PNS yang diberhentikan atau mengundurkan diri apakah berhak mendapatkan Tabungan Pensiunnya ?
    Bukan Tunjangan Pensiun ya Mas
    Mohon informasinya
    Thanks
    Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mengundurkan diri berhak mendapat taspen dan taperum dari potongan gaji tiap bulan. kalau diberhentikan saya tidak tahu

      Delete
  39. Dear pak susanto yadi dan pak andhika fitra, stlh surat resign diajukan. Bukankah hrs tetap masuk kantor sampai sk pemberhentian sbg pns terbit? Jika tdk, maka absensi kita menjadi hancur berantakan lalu akan diberhentikan dg tdk hormat. Cmiiw

    Bolehkah minta tolong saya dikirimkan contoh surat pengunduran diri dan slrh srt pernyataannya, ke email saya uchy.chyyy@gmail.com
    Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jawab via email Mbak/Ibu Uchy

      Delete
    2. pak susanto yadi saya juga boleh minta nggak contoh format pengunduran dirinya, dikirim ke alamat email saya ama.haura87@gmail.com terima kasih

      Delete
  40. Mas Susanto Yadi thanx a lot buat infonya. Apa saya bs minta tolong soft copy berkas/surat pengajuan resign nya? Email: erlinnursiloningrum@gmail.com
    Makasi bnyk sblmnya

    ReplyDelete
  41. Saya cpns dokter umum di salah satu daerah di sumatra, lagi galau karena berjauhan dengan suami, jadi ada niat pengen berhenti
    Mau tanya, apakah selama proses pengunduran diri, kita tetap bekerja dan tetap digaji hingga sk pengunduran diri selesai

    ReplyDelete
  42. Klo mau berhenti, ya sdh berhenti sj. Nnt toh akan d resign otomatis. Menurut hemat saya spt itu, dr pd buat surat, nunggu jawaban yg keputusannya blum pasti

    ReplyDelete
  43. pak susyanto,,,
    mohon bantuan dan sarannya.
    Saya PNS sudah 5 thn lebih. sejak penempatan awal saya sudah ditempatkan di daerah 4T3P sebagai guru ( padahal status saya sudah menikah). ditengah perjalanan saya mendapatkan beasiswa untuk S2 dari dinas pendidikan saya ( bukan dari sekolah ya). selama menjalani 5 tahun, keluarga saya mulai banyak masalah ( ya namanya juga LDR),ditambah dengan situasi lingkungan kerja saya tidak kondusif ( sepertinya kepsek saya tidak "ridho" sya lebih tinggi dari beliau ( sepertinya ya...ini feeling perempuan).sehingga banyak timbul fitnahan untuk saya. keadaan situasi kerja tidak kondusif menjalani sendirian ( berdua anak sih) tanpa didampingi suami membuat tekanan batin yang cukup besar untuk saya sehingga saya jadi depresi. akhir maret ini,suami saya ijin membawa saya pulang ke jakarta untuk pemulihan kondisi saya. sambil itu kami mengurus mutasi saya.jawaban dari dinas, mereka setuju mau memutasikan saya. tapi mereka meminta saya kembali kerja ke tempat tersebut karena berita sy tidak disiplin masuk kerja ( ini fitnahan lagi, padahal sy sudah minta ijin pemulihan sm kepsek dan surat keterangan dari psikiater pun sdh sy emailkan tetapi tidak dianggap oleh sekolah).

    total sudah 3 bulan saya tidak aktif.terus terang saya tidak mau kembali ke tempat tsb. bukannya sy tidak mau menjalankan tugas tetapi saya sudah "sakit" karena bertahan disana menjalankan tugas negara. saya sudah mencoba untuk meminta gabung tugas dulu sebelum SK mutasi keluar tapi sepertinya mereka keukeuh meminta sy bertahan disana sebelum sy dipindahkan.
    mungkin lebay buat banyak orang bertahan sebulan dua bulan (lagi) tapi buat sy itu mustahil.saya harus "menjaga" diri saya sendiri agar tidak menjadi "gila"
    niat saya, kalau mereka masih "memaksa" saya untuk kembali ke tempat tersebut dl sebelum SK mutasi maka saya akan mengajukan resign.
    mohon bantuan dan saran dari teman2 disini atas masalah saya.dan tolong contoh surat pengundiran diri dikirimkan ke:fermita.guchany@gmail.com
    terima kasih atas bantuan teman teman

    ReplyDelete
  44. Suami juga meminta uqtk resign karena LDR....
    akhirnya nemu blog seperjuangan....
    Apakah ada penyesalan setelah resign bagi rekan2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sampai saat ini sih belum..ga tw nanti..yg jelas waktu lebih banyak buat melakukan kegiatan positif..mbak..

      Delete
    2. Alhamdulillah sampai saat ini sih belum..ga tw nanti..yg jelas waktu lebih banyak buat melakukan kegiatan positif..mbak..

      Delete
  45. Saya pengen banget keluar dari pns,tapi sy baru saja terangkat tahun 2015.Kira2 butuh berapa tahun dan apa yang harus dilampirkan mbak untuk pengajuannya.saya kerja di kementerian kehutanan.apakah sama sistem pengunduran diri di kementerian dan daerah?mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada ketentuan harus berapa tahun kerja bisa resign. Kecuali ada perjanjian khusus.

      Delete
  46. Saya pengen banget keluar dari pns,tapi sy baru saja terangkat tahun 2015.Kira2 butuh berapa tahun dan apa yang harus dilampirkan mbak untuk pengajuannya.saya kerja di kementerian kehutanan.apakah sama sistem pengunduran diri di kementerian dan daerah?mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira mekanisme untuk resignnya sama saja, tapi saya tidak tau apakah peraturan yang baru (kalau ada) mempersyaratkan harus sekian tahun masa kerja baru boleh resign. coba dibaca SK CPNS dan SK 100 %nya. apakah ada semacam perjanjian kerja, kalau tidak ada seharusnya ya boleh mengajukan resign berapapun lama masa kerjanya.
      itu setau saya ya, mungkin yang lain ada yang lebih tau

      Delete
  47. Iseng2 buka blog ini lagi. Saya ingat menemukan blog ini sekitar 2 tahun yang lalu sebelum akhirnya saya benar2 mengundurkan diri dari Kementerian Kesehatan setelah bekerja selama nyaris 5 tahun. Jadi hingga saat ini sudah 2 tahun lebih saya resign. Sebagai seorang istri dan ibu rasanya lebih lega. Banyak waktu untuk keluarga. Tidak galau lagi kalau "ditinggal" ART terutama saat2 harus bertugas ke luar kota (karena zaman sekarang ibu2 yang "butuh" ART, bukan sebaliknya). Saya pun leluasa mengikuti suami yang sering berpindah tugas. Tidak harus tepot mengurus SK. Selama menjadi PNS saya sudah pindah tugas 4 kali dengan 4 provinsi yang berbeda. Untungnya, karena pegawai pusat dan UPT Kemenkes ada di tiap provinsi saya tdk mengalami kendala yang berarti saat mutasi. Tapi tetap saja merasa lelah harus selalu pindah, beradaptasi lagi dan sepertinya karir pun akan stagnan. Belum lagi anak2 yang harus ditinggal bekerja dari pagi hingga sore secara rutin sementara tidak ada seorang pun yang bisa didelegasikan untuk mengasuh anak (karena memang sejatinya pengasuhan anak adalah tanggung jawab orang tua, bukan orang lain termasuk pengasuh ataupun kakek nenek).
    Proses resign waktu itu berjalan dengan cukup lancar. Saya menulis surat tanpa format khusus, ditujukan kepada kepala kantor UPT saya bertugas, menuliskan alasan2 kenapa resign (alasan keluarga), lalu kemudian mereka yg proses ke pusat. Pada waktu itu tidak ada penalti/denda karena memang saat penerimaan PNS tdk ada perjanjian tentang denda. Tidak tahu bagaimana penerimaan PNS setelahnya jika ada perjanjian tertentu.
    Sesudah 2 tahun dijalani, sy merasa lebih leluasa. Ada banyak hal yang bs dilakukan tanpa harus terikat waktu dan aturan.
    Tiap orang mempunyai pertimbangan masing2. Apa yang baik menurut saya belum tentu baik untuk orang lain. Pasti akan selalu ada pro dan kontra. Jika sudah merasa mantap, dijalani saja dengan berani dan yakin. Selamat mengambil keputusan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Slmt ma sdh resign. mba sya pingin resign bisa tlng email cth suratnya dan kelengkapan apa yg harus dimasukkan. sya bekerja di UPTD pusk pegawai di kabupaten itu surat resignnya sya masukan ke mana sja.tks penjelasannya email. endang.kedang@gmail.com

      Delete
  48. bagaimana meyakinkan orang tua tentang pilihan kita untuk resign dari pns?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita senasib, yg paling berat itu meyakinkan orangtua

      Delete
  49. Bagus nih blog saya cpns 2007
    Saya pns 2011 akhir
    Saya mohon soft copy format pengunduran diri PNS soal nya saya kerja udah kayak doyan rutinitas dan terkekang makanya saya mau keluar mohon kirim ke afifahloveabi@gmail.com
    Makasih mas saya lelah hati jadi PNS galau terus ah jadinya mending usaha

    ReplyDelete
  50. Saya rencana 2020 akhir resign kalo bisa kalo gak bisa 2025 deh ngumpulin duit dulu soalnya bathin saya tersiksa tolonggggggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba afifah kok sama ya. sy juga tersiksa. mba ini email saya. ama.haura87@gmail.com

      Delete
  51. Kalogakdiijinin saya gak akan masuk kerja aja biar dipecat dengan tidak hormat

    ReplyDelete
  52. Saya juga mau dikirimkan softcopy pengunduran diri sbg PNS.
    Email: rilu.lustigh@gmail.com

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Pak, sy minta tolong untuk bisa dikirimi softcopy berkas pengajusn berhenti dr pns pemkab ke alamat email : green2free@yahoo.com
    Apakah setelah pengajuan kita bisa untuk tidak masuk kerja lagi keesokan harinya? Mohon petunjuk bg yg sdh resign dan di acc dg cepat.

    ReplyDelete
  55. Saya kira cuman saya dan segelintir org yg pengen resign dr pns.. ternyata banyak juga.. hihihihi...

    Bismillah.. semoga maksimal 3tahun lagi saya bisa resign dr pns..
    Sebenernya pengen secepatnya.. tapi masih kepikiran cicilan Rumah.. semoga tahun depan suami saya bisa dapat kerjaan baru dg salary yg lebih ok.. dan semoga bisnis yg saya rintis bisa segera settle.. sehingga bisa dg segera fokus dg anak tercinta..

    ReplyDelete
  56. Serasa banyak teman disini. Saya cpns th 2014 sdh prajab. Mantab untuk resign tinggal mengajukan saja ke bkd. Semoga dimudahkan.... sharing pengalaman sesudah resign dong,gmn kesehariannya? Rezekinya?

    ReplyDelete
  57. Mba, boleh minta contoh surat resign? In sya allah dalam waktu dekat saya resign dari PNS.
    Bisa di email ke ehaydar94@gmail.com.
    Thanks ya mba

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Saya boleh minta softcopy surat pengunduran dirinya?? Tlng dikirim ke aristhaserenade@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Boleh saya minta soft copynya .. Tolong dikirim ke widhyaigusti@gmail.com

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Sy sdh berniat resign dari pns (saya seorang guru dan sudah sertifikasi). Tp mentok krn hutang yg dipotong dr gaji msh cukup banyak. Masalah baru yg sebenarnya bukan masalah bg sayamincul nih. Tadi saya dipanggil untuk mengikuti pelatihan guru keahlian ganda ke Sawangan, depok selama 2 bulan. Harus meninggalkan 4 anak yg masih kecil. 3 org msh SD, yg bungsu 5 th, mau TK. Msh butuh mamanya banget...bisa panjang kalau sy uraikan di sini. Malam ini, saya putusin utk mengundurkan diri dari program tsb. Bismillah. Smg thn depan bisa segera resign. Keajaiban hidup di luar sana menanti. Aamiin. Mohon kirim soft copy prosedure dan surat pengunduran diri ya, mas. Kirim ke darrayvaray@gmail.com. Trims...salam sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg juga Insya Allah berniat memgundurkan diri...cuma msh ada utang di bank semoga Allah memudahkan utk segera melunasi dan resign sbg PNS ingin memgurus anak2 yg msh kecil..dan fokus sbg ibu rumah tangga...

      Delete
  63. Mantap group ini saya juga betrncana resign dari pns

    ReplyDelete
  64. Bolehkah saya juga minta softcopynya, mohon dikirim ke usep.t.lukmanudin@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Boleh minta contoh surat pengunduran dirinya. Mohon dikirim ke syafira.alfiyani@yahoo.com terimakasih

    ReplyDelete
  66. Assalamu a'laikum..boleh saya minta contoh surat pengunduran dirinya..Mohon di email ke derani31@yahoo.com

    ReplyDelete
  67. Selamat malam..
    Saya minta pendapat dr semua yg sudah bisa resign, kira2 bila alasan resign nya karna keluarga apakah harus di tuliskan secara detail atau hanya "alasan keluarga" bgitu saja?? Mohon saran nyabtrimakasih.

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum Saya boleh minta softcopy surat pengunduran dirinya?? Tolong dikirim ke ayasha243@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Assalamualaikum,
    Saya juga berniat untuk resign dari PNS, tapi saya masih ragu. Keraguan terbesar saya adalah restu dari orang tua saya. Dan juga kegalauan kemana setelah ini. Mungkin bapak ibu semua ada masukan?

    ReplyDelete
  71. Asslm. Saya berniat mau mengajukan surat resign bulan juli setelah lebaran 2017. Saya diangkat pns awal 2016. Bisa tolong bapak/ibu kirim file softcopy syarat-syarat dan format surat-surat yang dibutuhkan untuk pengunduran diri dari PNS ke alamat e-mail saya: imm1026@gmail.com
    Terima kasih ya bapak/ibu

    ReplyDelete
  72. Aslm. Bu/Pak, Bisa tolong bapak/ibu kirim file softcopy syarat-syarat dan format surat-surat yang dibutuhkan untuk pengunduran diri dari PNS ke alamat e-mail saya: arhiev10@yahoo.com
    Terima kasih ya bapak/ibu

    ReplyDelete
  73. Aslm. Bu/Pak, Bisa tolong bapak/ibu kirim file softcopy syarat-syarat dan format surat-surat yang dibutuhkan untuk pengunduran diri dari PNS ke alamat e-mail saya: arhiev10@yahoo.com
    Terima kasih ya bapak/ibu

    ReplyDelete
  74. Bisa minta formatnya? Ke asykar16@gmail.com kebetulan sy juga berencana resign.

    ReplyDelete
  75. Bisa minta format pengunduran dirinya pak. Saya juga lagi berniat resign. Mohon semua berkasnya email ke undaarkan@gmail.com. terimakasih

    ReplyDelete
  76. Bisa minta format pengunduran dirinya pak. Saya juga lagi berniat resign. Mohon semua berkasnya email ke undaarkan@gmail.com. terimakasih

    ReplyDelete
  77. Sy berniat tahun depan keluar dr PNS. Tapi msh ada bersangkutan hutang di bank 150 jutaan. Utk melunasi langsung jelas tdk mungkin... Apa mungkin bank mau menerima keputusan ini? Dg perjanjian kita tetap disiplin mmbayar tiap bln sprt biasa?

    ReplyDelete
  78. Bismillah
    Istri saya mengundurkan diri sbagai PNS guru, prosesnya lumayan lama. alhamdulillah akhirnya SK keluar tertanggal 1 November 2015. Banyak yang berkomentar negatif baik dari sanak saudara maupun teman-teman. Alhamdulillah saya mendukung, mertua mendukung, orang tua juga mendukung. Saat ini kami merasakan jauuuuuuh lebih bahagia. Anak-anak terawat dan ada banyak waktu untuk keluarga dan anak-anak. Soal rizki Allah ta'ala sudah menetapkan jatah rizki bagi hambanya, jadi kami tidak khawatir. Alhamdulillah Allah mengganti dengan yang lebih halal dan jauh lebih besar. Saat ini istri saya memproduksi busana muslim/muslimah beserta perlengkapannya, setidaknya ada 30 an orang ikut bekerja. Semoga Allah senantiasa memberi keberkahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berkenan sy minta softcopy surat pengunduran diri dll pak,tlg kirim ke priecha02@gmail.com terimakasih banyak

      Delete
  79. Saya pns sudah 7 tahun....mau resign pns. Capek banyak tekanan batin, lebih jauh dari kata bahagia..datang kerja pagi pulang sore...alhamdulillah saya sudah mempunyai usaha yg keuntungannya bahkan 5 x lipat gaji pns...klo dihitung2 gaji pns sampe pensiun sekian M...tapi waktu untuk keluarga kurang. Silaturahmi ke orang tua jarang. Semakin jauh dari tuhan.Sakit atau sehat wajib masuk kerja. Pekerjaan menumpuk tapi hasil tidak mensejathterakan..sedangkan hidup hanya sekali...apakah saya segera resign ne kawan2...

    ReplyDelete
  80. Pak boleh minta softcopy berkas pengunduran diri dan surat pernyataannya, mhn di email ke nikaalfiana99@gmail.com .Terimakasih

    ReplyDelete
  81. Pak boleh minta softcopy berkas pengunduran diri dan surat pernyataannya, mhn di email ke zahrazalia99@gmail.com Terimakasih

    ReplyDelete
  82. Pak boleh minta softcopy berkas pengunduran diri dan surat pernyataannya, mhn di email ke rinikanz@gmail.com Terimakasih

    ReplyDelete
  83. Pak boleh minta softcopy berkas pengunduran diri dan surat pernyataannya, mhn di email ke rinikanz@gmail.com Terimakasih

    ReplyDelete
  84. Pak jika berkenan boleh minta softcopy berkas dan pengunduran diri serta surat pernyataannya, mohon di emailkan ke milana2829@gmail.com karena saya ingin segera mengundurkan diri secepatnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  85. Mohon bantuannya untuk mengirimkan softcopy berkas dan surat pengunduran diri dll, via email ke sorayaevasarim@yahoo.com
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  86. Mohon bantuannya untuk mengirimkan softcopy berkas dan surat pengunduran diri dll, via email ke sorayaevasarim@yahoo.com
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  87. Pak jika berkenan boleh minta softcopy berkas dan pengunduran diri serta surat pernyataannya, mohon di emailkan ke madamika@ymail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  88. Saya juga berniat mengajukan resign,CPNS sejak 2014,sudah sangat lelah menjadi pegawai,bisakah minta softcopy berkas dan surat pengunduran diri dll,kirim ke priecha02@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  89. Saya jg juga Insya Allah bernya memgundurkan diri ... hanya ada uang di bank semoga Allah mengizinkan utk segera melunasi dan resign sbg PNS ingin memgurus anak2 yg msh kecil..dan fokus sbg ibu rumah tangga ...

    ReplyDelete
  90. Assalamualaikum saya mau bertanya,pada tahun 2018 ini ada aturan yg mengatakan bahwa pns tidak boleh meminta mutasi atau resign selama 10 tahun,nah apabila kita tetap mau resign nantinya apakah akan dikenakan denda atau sanksi? Jika iya kemungkinan berapa ya dendanya?

    ReplyDelete
  91. Assalamualaikum saya mau bertanya,pada tahun 2018 ini ada aturan yg mengatakan bahwa pns tidak boleh meminta mutasi atau resign selama 10 tahun,nah apabila kita tetap mau resign nantinya apakah akan dikenakan denda atau sanksi? Jika iya kemungkinan berapa ya dendanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diliat aturan permenpan Nomor 36 tahun 2018 tidak mengatur soal tidak boleh resign selama 10 tahun

      https://www.inews.id/finance/read/262053/bukan-dilarang-resign-lolos-cpns-tak-boleh-ajukan-mutasi-10-tahun

      Delete
  92. Mohon bantuannya utk mengirimkan soft copy berkas pengunduran diri PNS ke kareniciouz@gmail.com.
    .
    Sy juga udav kelimpungan membagi waktu dan ingin fokus mengasuh anak yg bru berusia 15 bulan.

    ReplyDelete
  93. Share surat resign nya dong didik.Pujayanto@gmail.com

    ReplyDelete
  94. Saya PNs guru dipemda ... Masa kerja udah 10 tahun.... Pengen banget resign karena saya dan suami sejak menikah sampai sekarang LDR terus....klu dihitung hmpir 12 tahun(krn sy menikah sblm Pns dan suami harus kuliah di luar negeri saat itu). Suami PNs dosen di Kotamadya..Sudah berkali2 sy mengajukan mutasi untuk ikut suami tapi selalu kecewa karena birokrasi yg sgt ribet dan bikin sakit hati karena kami tidak memiliki akses yg mempermudah urusan untuk diterima di kotamadya tempat suami bertugas...
    Suami pun sudah mencoba berbagai cara tapi tetap belum berhasil. Saat ini saya sedang cuti melahirkan anak ketiga dan masih dlm proses pengurusan untk dapat ijin mutasi.. Dan jika tidak berhasil lagi saya juga mau mundur dari PNs,hati rasanya tidak tenang meninggalkan kewajiban sebagai istri dan anak2 yang kurang mendapatkan perhatian dari ayahnya... Doain saya bisa melewatinya karena ortu saya tdk mengijinkannya. Mohon di share surat resignnya ya ke email waddah86@yahoo.com

    ReplyDelete
  95. Saya PNs guru dipemda ... Masa kerja udah 10 tahun.... Pengen banget resign karena saya dan suami sejak menikah sampai sekarang LDR terus....klu dihitung hmpir 12 tahun(krn sy menikah sblm Pns dan suami harus kuliah di luar negeri saat itu). Suami PNs dosen di Kotamadya..Sudah berkali2 sy mengajukan mutasi untuk ikut suami tapi selalu kecewa karena birokrasi yg sgt ribet dan bikin sakit hati karena kami tidak memiliki akses yg mempermudah urusan untuk diterima di kotamadya tempat suami bertugas...
    Suami pun sudah mencoba berbagai cara tapi tetap belum berhasil. Saat ini saya sedang cuti melahirkan anak ketiga dan masih dlm proses pengurusan untk dapat ijin mutasi.. Dan jika tidak berhasil lagi saya juga mau mundur dari PNs,hati rasanya tidak tenang meninggalkan kewajiban sebagai istri dan anak2 yang kurang mendapatkan perhatian dari ayahnya... Doain saya bisa melewatinya karena ortu saya tdk mengijinkannya. Mohon di share surat resignnya ya ke email waddah86@yahoo.com

    ReplyDelete
  96. mas/mba, boleh minta softcopynya utk resign dr pns ini? kalau boleh ke email rizkawidia@gmail.com.

    ReplyDelete
  97. tolong kirim jg dong softcopy nya ke email mrhen99@gmail.com . trims

    ReplyDelete
  98. Klo boleh tau dr pengalaman resign..langkah2nya bagaimana dan adakah dendanya ? Dan jangka wktu pengurusan resign smpai benar2 lepas ituw brp bulan...mhon penjelasannya..trimksh

    ReplyDelete
  99. Alhamdulillah....senang sekali sy bisa mmbaca komen dan pengalaman teman² disini.Saat ini sy ssg mrasa titik jenuh dgn posisi pns sy.suami menginginkan sy di rumah bisa fokus mngurus anak dan suami.mihon doanya temans smg langkah niat baim sy taat dan patuh pd suami selalu dbrikan kmudahan.walaupun sy taw ortua sy sangat bangga dg sy mnjadi pns.apalagi teman² sy di sekolah baik-baik sekali ini yg kadang mmbuat sy sempat galau.tapi....apapun sy di sekolah keluarga dan suami adalah segala²ny.Sy tetap yakin bumi allah sangat luas rezeki allah ad dmn².Allah berikan kita kemampuan dan keahlian serta optimalkan ikhtiar dan doa in syaa allah selalu ad jalan keluar.

    ReplyDelete
  100. Semoga kita lebih baik dari hari ini

    ReplyDelete
  101. Akupun smaaaa rasanya nyesel dlu di ambil padahal mama aku melarang untuk mengambilnya haah skrg susah dah dilemaaa

    ReplyDelete
  102. aku juga mau resign dr CPNS, mumpung belum prajab . aku cpns 2018,, aku ikut tes pns karena ada posisi di bidang IT, tapi kenyataannya berbeda setelah mulai kerja. Tiap hari aku ngerjain tugas yg bukan sesuai jabatan ku, efeknya pekerjaan ku terbengkalai. bisa dibilang 80% selalu mengerjakan tugas org lain 20% tugas sendiri. Dan lingkunagn kerjaku banyak orang2 penunda. sangat tidak nyaman bekerja dgn etos kerja begini,

    aku sudah bicara dengan ortu, tapi mereka selalu punya tameng bilang "masa tua kamu terjamin", toloong dong temen2 bagaimana cara yakinin ortu...

    jujur aku ada niatan menghilang , agar dipecat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga berpikir seperti ini mba.. tapi saya mau mencoba secara terhormat dulu. mau ngajuin surat pengunduran diri, jika di tolak brrti cara ini di tempuh.. tapi setahu saya klo blm sk pns kita masih bisa berhenti mungkin caranya ngga usah masuk kerja sehingga nnt akan dikeluarkan sk pembatalan diangkat sebagai pns

      Delete
    2. jangan sampai dipecat @diano, nnti jadi catatan jelek. lebih baik mengundurkan diri. untuk meyakinkan ortu, dibuat skema2 kalau resign dari pns mau seperti apa.
      sy setelah bertahun2 akhirnya bisa meyakinkan ortu dengan membuat skema kalau resign, sy sdh ikut asuransi pension utk hari tua, terus sy menunjukkan usaha saya yg sekarang sudah cukup menghasilkan tanpa perlu khawatir gaji bulanan…

      Delete
  103. Saya juga pengen resign utk fokus dg anak2. Klo boleh tolong kirim softfile utk resign ke email saya : ahnafhilmi12@gmail.com
    Saya sdh 10 thn bekerja sebagai PNS sejak 2009.

    ReplyDelete
  104. sy guru yg ingin resign mengabdi sdh 11th saya mengajukan sebagai pegawai titipan ke DKI krna suami pns disana dan anak" dijkrt.mau mengajukan penitipan pegawai yg ke 3 ditolak daerah asal,,,pdhl alasan sy kuat mengikuti suami tugas.tapi malah disarankan utk ajukan mutasi sja langsung dan hrs kembali ke daerah asal dl.mengajukan mutasi ke daerah birokrasinya ampun" lama dan diputar" yg ujung"nya tidak bisa karena masih dibutuhkan,,serba salah jadinya.akhirnya suami menyarankan resign dr pns dan tidak usah kembali kedaerah.entahlah mungkin dgn hormat/tidak hormat nanti sy diberhentinya,,,kira"ada yg punya softfilenya boleh donk ke nennytrianadi@gmail.com..terimakasihh

    ReplyDelete
  105. Sy juga istri yg LDM tapi mengalami hambatan birokrasi pengurusan mutasi ke tempat suami. Padahal lolos butuh sy sudah keluar 2x 😅. Kalo masih ada soft file nya sy jg minta dong mas mbak @indahhadju86@gmail.com

    ReplyDelete