Friday, March 13, 2015

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign

Jakarta,     Februari 2014
Hal :Permohonan Berhenti (Mengundurkan Diri) Sebagai Pegawai Negeri Sipil

Yth. Menteri ............... Republik Indonesia
melalui Direktur Jenderal ……….
di Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini :
  • Nama : ...........
  • NIP/Karpeg : ......... / ...........
  • Pangkat/Golongan Ruang : ..........
  • Jabatan : .........
  • Unit Organisasi : ..........
  • Tempat/Tanggal lahir : ..........
  • TMT pengunduran diri yang diajukan : .........
  • Alamat dan No. Telp yg dapat dihubungi : ...........
dengan ini mengajukan permohonan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan alasan ………………………….

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan kelengkapan masing-masing dalam rangkap 3 (tiga) berupa:
  • surat permohonan pemberhentian dengan hormat atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil tanpa hak pensiun;
  • surat pernyataan telah tidak memiliki kewajiban pembayaran hutang yang pemberiannya berhubungan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian ...................;
  • surat pernyataan tidak keberatan atas permohonan pemberhentian dengan hormat atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian .............. dari Sdri. …………………… selaku istri;
  • fotokopi surat keputusan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisasi oleh pejabat Unit Pembina Kepegawaian;
  • fotokopi surat keputusan pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisasi oleh pejabat Unit Pembina Kepegawaian;
  • fotokopi surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang dilegalisasi oleh pejabat Unit Pembina Kepegawaian;
  • Surat Pernyataan Telah Mengembalikan Seluruh Barang Milik/Kekayaan Negara Selain Ruman Negara dan Surat Pernyataan Tidak Menguasai Rumah Negara.
Demikian permohonan ini saya sampaikan, atas pertimbangan dan keputusannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



…………............
NIP …………………


Contoh Lampiran (Surat Pernyataan Istri dsb) bisa dilihat di : http://blog.rivaekaputra.com/2015/03/13/contoh-surat-pengunduran-diri-sebagai-pns/

2 comments:

  1. Saat ini saya juga sedang tahap resign dari PNS ada beberapa pertanyaan saya
    1. Kemana saya hrs mengirim surat pengunduran diri? status saya sbg PNS daerah tetapi guru SMA yang mendapatkan SK dari Propinsi
    2. Bagaimana melapor apabila saya ingin melunasi hutang kredit yg tersisa, apakah saya melunasi hutang terlebih dahulu atau melunasi hutamg kredit dulu?

    ReplyDelete
  2. Apakah kewajiban hutang harus disertakan/ dituangkan dalam form resign? Menurut saya itu tidak perlu jika kewajiban hutang itu tetap dipenuhi diluar status PNS

    ReplyDelete